Rabu, 26 Januari 2011

Tanda-Tanda Fisik Merpati Balap yang Bagus


Merespon banyaknya minat masyarakat yang ingin tahu mengenai ciri fisik merpati balap yang baik, kami coba jawab melalui wacana berikut.

1. Paruh merpati balap yang baik tentunya ada beberapa model, ada yang berbentuk seperti burung pipit (finch), ada yang berbentuk seperti elang tipis dan tajam pada dasarnya harus serasi dan
seimbang dengan besar kepalanya sehingga mengurangi friksi saat terbang.

2. Bentuk kepala ada yang berbentuk pinang dibelah (nyigar jambe), ada yang mengerucut menuju paruh sehingga sangat aerodinamis tergantung selera si pemilik merpati balap tetapi kalau terlalu jenong seperti ikan louhan tentunya sangat menambah gesekan dan mengurangi kecepatan.

3. Mata idealnya bening dan tajam seperti mata elang, warna mata beragam ada yang kuning, putih sebaiknya yang ber lis merah, kuning kemerahan tergantung selera pemilik.

4. Leher seekor merpati balap harus proporsional artinya tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang sehingga tidak menambah gesekan diudara.kemudian  

5. Dada idealnya segitiga,njantung seperti atlet.  

6. Sayap tebal, menutup rapat dikanan kiri badan sehingga diharapkan kepakan penuh dan menutupnya sangat rapat hingga sekali kepak sudah jauh.

7. Bulu jawat/ lar 10 harus kering dan berlidi tebal, sehingga kuat untuk mengepak sementara bulu di badan halus dan nyutra(selembut sutra)

8. Warna bulu ada yang coklat(gambir), hitam, tritis , kelabu, kombinasi selap, tetapi pada umumnya kelabu lebih disukai sekali lagi selera masing2 pemilik.

9. Daging sebaiknya lentur/ empuk, dan bagian supit/wangkong tajam dan keras keduanya  berjarak se-jari kelingking,

10. Ekor tebal dan tidak terlalu panjang.

11. kaki idealnya kekar,kering dan tidak terlalu panjang tentunya hal hal tsb hanya sebagai  patokan yang lebih penting kondisi dilapangan.

Kira-kira begitu tanda-tanda merpati balap yang bagus, semoga informasi ini berguna bagi agan-agan yang lagi hunting merpati balap.

By Merpati Balap


Tidak ada komentar:

Posting Komentar